Tentang Bandung


Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, luas Bandung mencapai 16.767 hektar. Secara geografis, Bandung terletak di tengah-tengah provinsi Jawa Barat, dengan demikian, sebagai ibu kota provinsi, Bandung mempunyai nilai strategis terhadap daerah-daerah di sekitarnya. Kota Bandung merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya menurut jumlah penduduk. Sedangkan wilayah Bandung Raya (Wilayah Metropolitan Bandung) merupakan metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jabodetabek dan Gerbangkertosusila.

Kota kembang merupakan sebutan lain untuk Bandung, karena pada zaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana. Selain itu Bandung juga dikenal dengan sebutan Paris van Java sejak masa kolonial Belanda dulu. Ini terkait dengan suasana Jalan Braga di tahun 1920-an yang konon mirip dengan suasana kota Paris lewat butik-butik fashion-nya.

Kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini, dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner. Dan pada tahun 2007, British Council menjadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur. Bandung juga merupakan salah satu kota dengan universitas terbaik di Indonesia seperti ITB dan UNPAD yang menjadikan Bandung sebagai salah satu kota pelajar. 

Akses Ke Bandung


Wisatawan dapat memilih beberapa moda transportasi untuk menuju ke Bandung.

Pesawat

Pesawat atau transportasi udara adalah salah satu cara untuk para wisatawan mencapai Bandung. Seluruh pesawat yang datang ke Bandung akan mendarat di Bandara Husein Sastranegara.
  • Bandara
    Bandara Internasional Husein Sastranegara yang terletak di 5 km sebelah barat daya dari pusat kota dan 2.4 km dari stasiun kereta api Bandung. Bandara Husein Sastranegara mengalami perkembangan yang pesat sejak tahun 2010. Bandara Internasional Husein Sastranegara memiliki 1 terminal, yang melayani baik penerbangan domestik dan internasional.

    Luas terminal 2,411.85 meter persegi dan memiliki tiga lantai. Terminal B (untuk semua penerbangan internasional) sedang dikembangkan. Saat ini bandara dapat menangani maksimal 1 juta penumpang per tahun, dan diproyeksikan sekitar 3 juta penumpang per tahun ketika terminal B selesai. Penumpang juga dapat menikmati fasilitas dari dua lounge eksekutif, akses internet, TV, musholla ruang doa, restoran, toko-toko dan ATM.
  • Pajak Bandara
    Para penumpang dari Bandara Husein sastranegara akan dikenai pajak atau biaya Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) sebesar Rp 25.000 (penerbangan domestik) dan Rp 75.000 (penerbangan internasional).
  • Pesawat yang beroperasi
    Bandara Husein Sastranegara merupakan salah satu bandara dengan perkembangan yang pesat, namun karena kapasitasnya yang masih tergolong bandara kecil maka tidak semua maskapai internasional beroprasi di Bandara Husein Sastranegara. Beberapa pesawat yang beroprasi adalah

    - Air Asia (Internasional)
    - Batik Air (Domestik)
    - Citilink (Domestik)
    - Gadruda Indonesia (Domestik)
    - Indonesia AirAsia (Domestik/ Internasional)
    - Kal Star Aviation (Domestik)
    - Lion Air (Domestik)
    - Malindo Air (Internasional)
    - Silk Air (Internasional)
    - Susi Air (Domestik)
    - Wings Air (Domestik)
  • Visa
    Selain paspor yang valid hingga 6 bulan setelah kedatangan, wisatawan asing (kecuali dari negara-negara ASEAN) harus memiliki visa untuk mengunjungi Bandung. Sejumlah negara harus mendapatkan visa di Kedutaan Indonesia sebelum berangkat ke Bandung. Namun, sebagian besar wisatawan bisa mendapatkan visa on arrival untuk jangka waktu 30 hari.

Kereta Api

Anda juga dapat memanfaatkan kereta api sebagai sarana transportasi menuju Bandung. Selain cepat, kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang aman. Bandung memiliki beberapa stasiun kereta yaitu:

Stasiun Bandung yang merupakan stasiun utama di Bandung, untuk kelas bisnis dan eksekutif. Stasiun Bandung terletak di jalan Stasiun Selatan, Kelurahan Kebon Jeruk, Andir, Bandung.

Stasiun Kiaracondong untuk kelas ekonomi. Stasiun ini berada pada ketinggian + 681 m. Terletak di batas antara Kelurahan Babakansari dan Kelurahan Kebon Jayanti.

Bus

Wisatawan dalam negeri yang ingin melakukan perjalanan ke Bandung, ada opsi transportasi lain yang lebih terjangkau, yaitu dengan menggunakan jalur darat. Salah satunya dengan memanfaatkan transportasi bus.

Di Bandung sendiri terdapat 2 terminal bus yaitu teriminal bus Leuwi Panjang yang terletak di Jl. Soekarno Hatta 205 dan terminal bus Kiaracondong yang terletak di Jl. Jendral A. Yani, Cicaheum. 

Area Popular di Bandung

    Lembang adalah destinasi wisata kebanggaan warga Bandung. Memiliki lanskap alam yang indah dan letak yang strategis, Lembang menjadi salah satu area pariwisata yang terkenal di Bandung. Banyak pilihan wisata di Lembang mulai dari wisata belanja di Floating Market yang unik sampai wisata Cowboy di De Ranch. Berada di ketinggian 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut, Lembang memiliki udara yang sejuk dengan suhu rata-rata 17-27 derajat Celcius.

    Dago merupakan salah satu kawasan favorit wisatawan maupun penduduk lokal Bandung. Di Dago Anda bisa menemukan sejumlah tempat wisata seperti Taman Hutan Raya yang dulunya bernama Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Di hutan ini terdapat beragam flora yang tentu saja sangat menarik. Di tempat ini juga terdapat goa Jepang dan goa Belanda yang sayang untuk dilewatkan. Kawasan Dago juga memiliki berbagai macam factory outlet yang sangat cocok untuk dijadikan tujuan shopping. Selain itu, ketika anda mengelilingi Dago sempatkan diri anda untuk mengunjungi Dago Tea House yang merupakan sebuah tempat yang sering dijadikan sebagai tempat pertunjukan baik itu tari, pameran lukisan, musik dan sebagainya. Di tempat ini juga memiliki kafe yang cocok untuk hang out bersama dengan teman-teman.

    Bandung adalah kota factory outlet, dan Jalan Riau adalah pusatnya. Terletak tidak jauh dari Jalan Merdeka dan Dago, Jalan Riau memang menjadi pusat factory outlet yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Jika awalnya kawasan ini hanya memiliki beberapa factory outlet, kini hampir sepanjang Jalan Riau dipenuhi oleh berbagai factory outlet yang membuat para gila belanja ‘ketagihan’. Selain factory outlet, Jalan Riau juga dipenuhi oleh kafe dan restoran yang tidak kalah menarik. Bosan belanja? Coba datang ke kawasan ini di malam hari untuk menikmati wisata kuliner di satu dari deretan warung tenda yang berada di sana.

    Bagi wisatawan pecinta belanja, selain Dago, kawasan Setiabudi menjadi salah satu destinasi favorit di Bandung. Setiabudi menawarkan kompleks factory outlet dan distro terbesar di Bandung yang dapat memuaskan keinginan belanja para wisatawan. Tersedia banyak pilihan factory outlet di kawasan Setiabudi, mulai dari harga murah hingga yang mahal. Salah satu factory outlet yang wajib dikunjungi di kawasan Setiabudi adalah Rumah Mode yang hampir tidak pernah sepi pengunjung.

    Dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Bandung dan juga sebagai daerah penghasil produk-produk pertanian dan perkebunan, Ciwidey cocok bagi para wisatawan yang menyukai pemandangan alam yang asri, karena masih banyak perkebunan dan salah satu tujuan wisata yang populer di ciwidey adalah Kawah Putih. Dengan merogoh kocek sekitar Rp 15.000 hingga Rp 30.000 Anda sudah bisa menikmati indahnya Kawah Putih di Ciwidey. Perkebunan yang juga sering didatangi para wisatawan adalah perkebunan teh Rancabali dan wisata petik strawberry.

    Terletak sekitar 4 km dari pusat kota dengan luas area mencapai 145 hektar, Bandara Husein Sastranegara hanya melayani penerbangan dengan menggunakan pesawat berukuran kecil. Dengan luas area sekitar 2.400 meter persegi, bandara ini hanya bisa menampung maksimal 1 juta penumpang setiap tahunnya. Karena itu, pengelola bandara, PT Angkasa Pura II, merenovasi Bandara Husein Sastranegara dengan membangun terminal dan apron yang baru. Bukan itu saja, pemerintah kota Bandung juga berniat membangun bandara baru yakni Bandara Kertajati Majalengka, guna mengalokasikan sebagian penumpang.

    Jika anda adalah penyuka fashion dengan berbahan dasar jeans, maka Cihampelas merupakan tepat yang sangat cocok untuk anda. Kawasan Cihampelas terkenal di kalangan masyarakat sebagai tempat belanja baju atau celana dengan bahan dasar jeans. Di tempat ini terdapat berbagai macam factory outlet yang dapat dipilih oleh para pengunjung untuk berbelanja. Salah satu area yang dapat dikunjungi adalah Sentra Jeans Cihampelas. Di sini terdapat puluhan toko berderet yang menjual beragam jenis pakaian jeans dari kualitas yang biasa hingga yang berkualitas tinggi dengan harga yang juga bervariasi.

    Sukajadi merupakan salah satu lokasi incaran para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing di Bandung. Kawasan Sukajadi juga terdapat pusat perbelanjaan yang digemari wisatawan, salah satunya yaitu Paris Van Java Mall yang merupakan salah satu mall terbesar di Kota Bandung. Selain itu di sekelilingnya juga terdapat Rumah Sakit Hasan Sadikin yang menjadi salah satu rumah sakit terbesar di Bandung.

 HOTEL

    Budget 

    Ada banyak pilihan hotel murah di Bandung untuk para backpacker atau wisatawan yang hanya datang untuk transit. Tidak perlu khawatir, sebagian besar hotel murah ini tetap dilengkapi fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.

    Menengah

    Wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dapat memilih hotel bintang dua dan hotel bintang tiga di Bandung. Umumya hotel-hotel ini menawarkan kamar mandi dalam dan perlengkapan mandi di setiap kamarnya.

    Mewah

    Terdapat banyak pilihan hotel bintang 4 dan hotel bintang 5 di Bandung untuk wisatawan yang menginginkan kesempurnaan dalam fasilitas dan layanan. Ranjang premium, sarapan kreasi chef serta beragam fasilitas pendukung lainnya dapat Anda temui pada hotel-hotel mewah ini.

    Villa

    Ada banyak pilihan penginapan berupa villa di Bandung bagi wisatawan yang ingin mengajak keluarga besar ataupun teman-temannya. Villa di Bandung biasanya dilengkapi dapur dengan peralatan lengkap untuk memasak..
 Sumber : http://pegipegi.com
Previous
Next Post »

Komentar Anda EmoticonEmoticon