Tips : Cara Mengatur Pencahayaan Alami Ke Dalam Kamar Mandi Anda

Tips desain interior kamar mandi – Beberapa tips untuk mengatur pencahayaan alami ke dalam kamar mandi agar tidak boros energi. 

Memberikan pencahayaan yang alami kedalam kamar mandi akan mempengaruhi kenyamanan Anda ketika beraktifitas didalamnya.

Kadang tanpa disadari, kamar mandi merupakan tempat pertama yang biasanya dicari saat seseorang bangun pagi dan kamar mandi juga menjadi salah satu ruangan dimana seseorang banyak menghabiskan waktunya untuk mempersiapkan diri keluar rumah.

Kamar mandi juga merupakan tempat dimana seseorang dapat me-rileks-kan lelahnya tubuh setelah beraktifitas seharian dengan mandi air hangat atau berendam di bak mandi yang panjang. Tanpa harus memikirkan tentang aspek yang lain seperti furnitur, pemilihan pencahayaan di kamar mandi menjadi faktor yang sangat penting untuk menciptakan ruangan yang “mengundang”.

Terlalu banyak pencahayaan buatan akan memberikan efek yang kasar pada tampilan ruangan sehingga bayangan yang direfleksikan akan nampak berlebihan. Berbeda dengan pencahayaan alami yang tentu dapat memberikan energi positif pada kamar mandi.

Pencahayaan alami memberikan kemudahan bagi Anda dan keluarga Anda untuk menghadirkan kenyamanan pada setiap aktifitas yang biasanya dilakukan di pagi hari seperti mencukur, menata gaya rambut bahkan mengaplikasikan makeup ke wajah. Pencahayaan alami juga mudah diterima oleh mata dibandingkan pencahayaan buatan. Jika Anda ingin mengetahui tips untuk meningkatkan pencahayaan alami pada kamar mandi Anda, berikut ini adalah beberapa cara terbaik untuk memaksimalkan pencahayaan alami di kamar mandi.

Manfaatkan kekuatan warna putih pada ruangan

Permukaan berwarna putih mampu merefleksikan cahaya keseluruh ruangan dan warna putih merupakan pilihan tempat untuk memberikan kesan lembut dan elegan pada sebuah ruangan. Warna putih juga memberikan kebebasan bagi anda untuk bermain dengan dekorasi dan tata ruang seperti memasang lantai berwarna cerah atau handuk yang berwarna-warni. Kamar mandi dengan background berwarna putih juga mampu memberikan kesan klasik jika Anda mampu memadu-madankan dengan furniture antik yang tentu saja memiliki nilai seni yang tinggi. Yang paling menakjubkan, warna putih mampu membuat ruangan yang kecil dapat terlihat lebih besar. Frame jendela berwarna putih juga akan dapat memberikan pencahayaan lebih kedalam ruangan.

Pasanglah cermin untuk memberikan pencahayaan alami 

Secara strategis, memasang cermin merupakan cara terbaik untuk memaksimalkan pencahayaan alami ke dalam kamar mandi. Pasanglah cermin berdekatan dengan jendela sehingga keduanya mampu merefleksikan cahaya alami yang tersedia. Memasang dua cermin pada dinding akan mampu untuk memberikan efek cerah ke ruangan dan selain itu cermin yang tepat mampu menyediakan ilusi ruangan yang lebih luas. Jika Anda juga memasang cermin kecil ke seluruh bagian raungan, maka cahaya alami yang secara berkelip akan hadir ke dalam ruangan yang tentunya membantu Anda untuk me-rileks-kan pikiran setelah beraktifitas seharian penuh.

Hindari pemakaian penutup ruang shower

Penutup ruang shower dapat menghambat masuknya cahaya ke dalam ruangan terlebih jika penutup ruangan shower tersebut tidak transparan tetapi menggunakan warna gelap. Jika demikian, tentu Anda membutuhkan cahaya yang datang dari pemasangan lampu elektrik yang tentunya menghabiskan banyak energi. Untuk itu, anda bisa mendesain ruang shower dengan konsep terbuka yang dapat memberikan aliran udara yang lebih mengalir selain itu juga memperkenankan cahaya alami dapat menembus ruangan. Desain ruangan shower minimalis yang biasanya terdapat pintu kaca dan panel kaca akan menghalangi masuknya pencahayaan natural sehingga hal ini amat tidak disarankan juga Anda ingin menghemat energi dalam hal pencahayaan ruangan.

Tidak terlalu suka dengan warna putih? Pilihlah cant dinding yang cerah

Walau cat dinding berwarna putih banyak dipilih karena kemampuannya untuk memberikan efek cahaya alami dan ilusi ruangan yang lebih lebar, tidak semua orang berani untuk mengecat ruangan dengan warna putih. Biasanya pemilik rumah takut dengan warna putih karena noda akan terlihat dengan jelas pada permukaan dinding.

Jika Anda juga merasa demikian, untuk membawa pencahayaan yang alami ke dalam kamar mandi, tetaplah memilih warna yang memiliki tone yang cerah. Pilihlah cat dinding yang mempunyai kualitas bagus karena hal ini akan mempengaruhi hasil akhir dari sebuah pencahayaan. Pengelupasan pada cat dinding akan meningkatkan level bayangan sedangkan cat dining dengan warna gelap akan menyerap cahaya. Untuk itu, memilih cat dinding dengan warna cerah dan segar akan memberikan efek ceria pada ruangan.

Warna-warna cerah yang bisa Anda pilih untuk menghadirkan pencahayaan alami ke dalam kamar mandi adalah warna-warna seperti hijau toska, kuning, atau warna coral. Jangan lupa untuk memilih cat yang tahan air karena tentu saja ruangan kamar mandi tidak lepas dari adanya air yang kemungkinan akan menciprat ke dinding dan membuatnya cepat terkelupas. Demikianlah beberapa tips untuk meningkatkan pencahayaan alami ke dalam kamar mandi Anda.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir karena Anda tidak akan menghabiskan energi untuk memasang pencahayaan buatan. Anda dapat melakukan beberapa langkah diatas agar tagihan listrik tidak melonjak karena Anda tahu bagaimana memaksimalkan cahaya alami. Selamat mencoba :)


Sumber : http://architectaria.com/cara-mengatur-pencahayaan-alami-ke-dalam-kamar-mandi-anda.html
Previous
Next Post »

Komentar Anda EmoticonEmoticon