TIPS: 7 Cara Kreatif Untuk Mencari IDE


Disaat tertentu yang namanya ide kreatif adalah hal penting dan bahkan bisa jadi krusial banget. Oleh karena itu, justru kita yang harus lebih giat buat menemukan ide-ide kreatif tadi biar kreativitas kita bisa ada terus menerus.

Coba bayangkan pada waktu yang dibutuhkan, ide kreatif tidak juga datang, gimana nih? Ternyata masih on the way.

Kaya sekarang ini, internet sudah bisa diakses dimana aja, semua orang bisa punya ide kreatif. Soalnya, yang namanya inspirasi bisa datang dari mana saja. Tapi justru itu yang bisa bikin ada kemiripan ide, soalnya inspirasinya juga dari sumber yang sama.

Oleh karena itu perlu ada cara tertentu biar bisa menghasilkan ide kreatif. So, what does it take to get great idea? 

 1. Jangan Pernah Bikin Ribet. Think Simple!

Seringkali kita memikirkan sesuatu yang seharusnya tidak usah dipikirkan, terutama hal-hal kecil yang tidak ada hubungannya sama ide yang nantinya akan kita eksekusi.

Logikanya seperti ini, jika dari konsep saja sudah berpikir ribet. Gimana mau bikin ide itu jalan?  Ya wajar, tetapi nanti ujung-ujungnya cuman jadi wacana doang. 
“Kreatif itu sederhana. Ambisi ingin keren dan lain-lain itu yang membuatnya menjadi rumit” – Pidi Baiq 
Kalo saya sih, simpel aja. Bahkan terkadang, sering mikir simpel bisa bikin kita dapet ide-ide kreatif loh. Siapa sangka kalo resleting itu berguna banget. Simpel aja kan?

2. Bingung Mau Mulai Darimana? Coba Deh Visualisasikan


Pernah tidak anda merasa bingung ketika mau meng-eksekusi ide yang anda punya? Padahal anda bisa dengan mudah memulai nya jika anda bisa memvisualisasikan ide mentah yang anda punya. 

Buat apa? Ya biar gampang mencari titik awal nya. Memang sih, orang kreatif terkadang agak selfish (egoism) sekali dan ingin sekali menyelesaikan sesuatu dari ide yang dia punya secara mandiri. Tidak butuh bantuan orang lain.

But we’re talking big business here. Kalau ide kreatif anda mau berkembang, anda harus mencoba membuat visualisasi ide anda tadi. Finally anda punya kesempatan berkolaborasi dengan orang lain. Sehingga apa yang anda buat tadi bisa makin ngehits. Oke kan?

3. Kreatif Itu Gampang Kok, It’s All About Connecting Things


Sudah jadi rahasia umum kalo kreativitas itu padahal hanya itu-itu aja. Contohnya GoJek, Nadiem Makarim (CEO Gojek) dahulu hanya jika kepepet macet saja beliau menggunakan jasa ojek, Hasilnya? Dia malah kepikiran bikin aplikasi GoJek yang mempermudah pengguna jasa transportasi ini.

Padahal kita semua sering liat ojek, sering make berbagai aplikasi juga dan lucunya lagi sering kejebak sama kemacetan juga. Tapi kepikiran tidak buat nyambungin hal-hal berbeda tadi? Nggak.
Lebih sering malah menghujat kemacetan dan mensalah - salahkan stakeholders yang ada. Gak bikin solusi, ya kan? (nyengir-nyengir sendiri :p)

Mereka yang punya kemampuan berpikir kreatif tadi bisa nyambungin hal-hal yang udah ada bahkan masalah-masalah sederhana bisa diselesaikan begitu saja. Ya karena perspektif mereka, masalah yang ada itu bisa diselesein dan jawaban permasalahan itu sudah ada, cuman kitanya saja yang belum bisa 'membuat jembatan' antara masalah dan jawaban dari masalah itu.


4. Jangan Pernah Bikin Ide Jadi Sempurna, Lakukan Saja Dulu. Better Done Than Perfect


Kalau anda adalah anak startup pasti ngerti banget nilai dari sebuah ide. Iya sih ide bagus tapi kalo tidak dieksekusi ya tidak bakal jadi keren. Sebagai contoh kita bisa liat Facebook deh.

Facebook sendiri berdiri dari idenya Mark tentang katalog seluruh mahasiswa di kampusnya. Tapi Mark sendiri nggak mau biarkan ide yang ia punya hilang gitu aja. Setelah ia menyelesaikan konsep dasar dari website yang ia buat, ia mulai Coding (Bahasa kerennya dari nulis program.)

Mark tidak menunggu ide yang ia punya jadi perfect, tetapi dia langsung mengeksekusi ide yang ia dapat. Seiring dengan waktu, Mark baru menambahkan berbagai fitur yang dibutuhkan oleh Facebook, seperti status relationship, buat grup dan lain sebagainya.

Done is better than perfect, is not about coming up with ideas. Yang terpenting adalah kita percaya kalau ide yang kita punya itu bakalan keren. Siapa sangka Twitter yang cuman punya 140 karakter bisa booming? Padahal kalo dipikir lagi, apa sih enaknya pake media sosial tapi karakternya dibatasi. Ribet amat dah...
Go with your idea, before it's too late!


5. Kalo Mau Beda, Jangan Pernah Takut Salah



Sekali lagi, jangan takut salah? Kalo anda salah, anda bakalan tahu kenapa anda salah dan gimana caranya bikin ide lain biar nggak jatuh dari kesalahan yang sama.

Percaya apa nggak? Sebelum diakuisisi oleh Google, Android adalah startup yang bikin operating system buat kamera. Andy Rubin sendiri awal nya bikin Android buat ngembangin yang namanya smart camera. Tapi gara-gara Google, mereka pivot buat bikin OS di ekosistem mobile device. Hasilnya? Ya kaya sekarang lo liat deh.

Itu aja udah bisa jadi bukti kalo ide apapun yang lo punya jangan pernah takut salah. Percaya deh tidak ada yang namanya ide jelek, kalo pun ada pasti cuman eksekusinya aja yang salah. Kalo udah salah ya jangan diem aja. Pivot!

6. Nggak Usah Ribet Mikir Ini Itu Deh, Do First Think Later


Jadi ingat tagline nya si Nike nih, Just Do It. Ya memang sih, kalo segala sesuatu itu yang penting bisa dijalankan. Soalnya fase paling susah adalah memulai sesuatu. Apalagi kalau anda orangnya sering mager. Bakalan susah deh mau memulai sesuatu.

Padahal kalo udah mulai, anda bisa ketagihan dan tidak akan berhenti.Nah, pada saat itulah ide-ide kreatif sering bermunculan. Jadi, agar nemuin ide kreatif gimana dong? Do it, think later!

7. Stuck? Cobain Deh Nikmatnya Kolaborasi


Terakhir nih, kalau ide anda sudah mentok atau tidak ada ide sama sekali (kaya nya tidak mungkin kalau tidak ada ide, kecuali otak anda kosong #eh). Anda bisa buat kolaborasi sama orang-orang yang punya skill berbeda dari anda.

Cobain deh keluar dari komunitas anda, kira-kira bisa bikin ide kreatif apa? Kolaborasi atau kerja bersama sudah bukan istilah baru kok. Apalagi di era social network kaya sekarang ini. Dirumah pun anda bisa duduk santai sambil kolaborasi sama orang lain.

One of the big things of making a collaboration happen is finding the person to partner with in your collaboration. Happy hunting, cheers!





Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar

Komentar Anda EmoticonEmoticon