Cara menata dan mendesain interior ruang komputer yang nyaman dan fleksibel.


Tips desain interior rumah – Cara menata dan mendesain interior ruang komputer yang nyaman dan fleksibel.



Ruang komputer, baik yang dihadirkan di tempat kerja, sekolahan, atau di rumah, identik dengan kesan kaku dan serius. Padahal, agar produktifitas meningkat, diperlukan penataan ruang komputer yang lebih fleksibel, nyaman, dan mendukung suasana kerja. Tak ayal, menghadirkan dekorasi untuk ruang komputer sepertinya hal yang patut dicoba.



Salah satunya dengan menghadirkan pernak – pernik seputar komputer, menghadirkan tanaman hidup, atau justru membawa nuansa kesegaran melalui pemilihan warna-warna yang cerah guna mengundang lebih banyak inspirasi untuk bekerja di setiap hari.
 

Pilihlah warna dinding ruang komputer yang memotivasi


Untuk ruang komputer, sebaiknya tinggalkan warna putih untuk dindingnya. Sebaliknya, pilihlah warna – warna yang mampu meningkatkan motivasi kerja, atau memperbaiki suasana. Misalnya,  pilih warna kuning dan oranye yang dapat menawarkan rasa hangat dan kenyamanan meski kita berlama – lama di dalam ruangan tersebut. Bila perlu, gunakan  cat glossy untuk membuatnya dinding terlihat lebih bergairah, sehingga membuat kita terasa berenergi setiap kali memandangnya.  Opsi lain, gunakan dinding warna hijau muda atau biru muda. Warna tersebut cocok diterapkan untuk ruang komputer di kantor, di mana para pegawai menghabiskan waktu yang cukup lama di depan layar komputer. Kehadiran unsur warna hijau muda atau biru muda ini bisa memberikan sedikit sensasi segar pada mata yang lelah menatap layar.


Pada ruang komputer, tidak disarankan menggunakan wallpaper, terlebih yang memiliki motif yang ramai. Sebab, keberadaannya akan membuat ruangan terlihat penuh sesak, dan juga mengalihkan perhatian kita, sehingga kita tidak bisa berkonsentrasi di depan komputer.


Gunakan furnitur untuk ruang komputer yang sesuai

Untuk menunjang keberadaan komputer, hadirkan meja dan kursi , lalu letakkan komputer di posisi yang tepat sehingga layarnya berada  setingkat dengan mata penggunanya.  Hal ini penting untuk mencegah leher dan bahu yang tegang akibat posisi komputer yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.
 
Kenyamanan kursi juga patut menjadi sorotan. Bila perlu, pilih kursi dengan desain ergonomis agar penggunanya merasa nyaman meski duduk dalam waktu lama. Kursi yang ergonomis juga mengurangi kemungkinan cedera atau posisi tubuh yang salah yang bisa berdampak pada kesehatan.


Di samping itu, perlu juga dihadirkan sebuah satu set sofa panjang dan sebuah meja tamu di dalam ruang komputer, yang bisa digunakan untuk istirahat sejenak atau membaca, maupun menonton TV.

Pasang pencahayaan utama dengan sorot yang mencakupi seluruh ruangan


Jika ruang komputer memiliki jendela,  bukalah jendela sesekali di pagi hari untuk mengusir bau tak sedap dan mengganti udara dalam ruangan. Kemudian di siang harinya, tutup jendela, namun biarkan tirainya tetap terbuka guna memberikan pencahayaan alami untuk interior ruang  komputer. Bila perlu, hadirkan cermin di dinding yang yang berlawanan dengan jendela guna merefleksikan cahaya, sehingga meningkatkan jumlah cahaya dalam ruangan. Dengan cara ini, Anda tak perlu lagi menyalakan lampu di siang hari selama berada di ruang komputer.


Namun, apabila ruang komputer ini juga digunakan di malam hari,  maka hadirkan pencahayaan utama yang cukup terang dan nyalanya tersebar ke seluruh ruangan, dan bukan terpusat di satu titik. Untuk memberikan tambahan pencahayaan pada ruang komputer, sebaiknya hadirkan lampu meja untuk setiap komputer, dan atur agar nyala lampu lebih terang dari nyala layar komputer. Cara ini mampu meminimalkan kerusakan atau gangguan pada mata akibat terlalu lama berada di depan komputer.


Tambahkan beberapa add-ons


Penting untuk menghadirkan add-ons pada ruang komputer, dengan mempertimbangkan agar sesuai kebutuhan. Misalnya, jika komputer di ruangan ini menjadi instrumen utama dalam bekerja, dan pekerjaan tersebut juga memerlukan file, dokumen, dan kertas – kertas pendukung, maka Anda perlu menambahkan seperangkat rak atau filling kabinet di dekat meja komputer. Kemudian, mungkin juga perlu ditambahkan sebuah papan kecil di bawah meja untuk meletakkan keyboard. Papan ini bisa ditarik maju saat digunakan, lalu disimpan ke dalam ketika tidak digunakan.


Gunakan karpet dengan warna cerah


Karpet berwarna-warni nan cerah perlu dihadirkan dalam ruang komputer untuk menggali ide – ide segar, imajinasi, dan juga kreatifitas. Karpet ini bisa didesain dengan ornamen atau gambar – gambar menarik, maupun dibuat polos. Selain karpet, Anda juga bisa memilih warna tirai yang juga cerah untuk menunjang efek visual dalam ruang komputer.


Bulletin Board


Bulletin board , white board, atau sebuah dinding putih polos bisa dimanfaatkan untuk ajang berkreasi sembari mencari inspirasi. Kita bisa menjadikannya semacam mading, menempelkan beberapa kata – kata penyemangat, atau bahkan menempelkan visi dan misi perusahaan, sehingga setiap karyawan akan merasa lebih termotivasi.  Kita bisa mengisi papan ini dengan  bagan – bagan konsep, rencana, atau ide suatu proyek. Bisa juga kita menjadikan bulletin board ini sebagai papan pengumuman untuk setiap informasi penting dari perusahaan yang ditujuan untuk seluruh karyawan di ruang komputer.

Previous
Next Post »

Komentar Anda EmoticonEmoticon